Sabtu, 22 Oktober 2011

Tutorial RFM01 (RX) dan RFM02 (TX) dengan CodeVision AVR

RFM01 (TX) dan RFM02 (RX) merupakan RF Transmitter-Receiver dari Hope RF dengan modulasi FSK dan akses data SPI atau paralel. RFM01 dan RFM02 ini hanya dapat melakukan komunikasi satu arah. Untuk versi yang lebih update ada RFM12 yang merupakan Transceiver atau dapat menjadi RX sekaligus TX, sehingga dapat melakukan komunikasi 2 arah. Hanya saja saya belum pernah ber-eksperimen dengan RFM12, walaupun pada dasarnya rangkaian dan programnya tidak jauh berbeda :D. Oke, saya jelaskan yang pernah saya coba saja kalau begitu :p.

Keterangan pin-pin pada RFM01 (A) dan RFM02 (B) adalah sbb:
Bentuk fisik untuk RFM02 (Transmitter) adalah sbb:
Download datasheet RFM02.

Bentuk fisik untuk RFM01 (Receiver) adalah sbb:
 
Download datasheet RFM01.

Rangkaian skematik untuk RFM02 sebagai pengirim data adalah sbb:
Port yang digunakan bebas tapi harus dideklarasikan pada program. Led berfungsi sebagai indikator pengiriman data. 

Rangkaian skematik untuk RFM01 sebagai penerima data adalah sbb:
Port yang digunakan bebas tapi harus dideklarasikan pada program. Led berfungsi sebagai indikator penerimaan data, dan data yang diterima dapat dilihat pada komputer dengan Hyperterminal.

Karena programnya cukup panjang jadi tidak saya uraikan disini, silahkan didownload RFM01-code dan RFM02-code. Contoh program tersebut adalah untuk mengirim data 0-9 dan huruf A-F dari RFM02 dan diterima oleh RFM01 untuk ditampilkan pada komputer.

Setiap modul RFM01 danRFM02 yang dibeli telah ditentukan frekuensinya dan tidak dapat diubah (dapat dilihat pada hardware-nya), yang membedakan pada program hanya bagian pengaturan frekuensi.

Tempat Jual Komponen dan Elektronik.

-ayuchan-