Rabu, 22 Juni 2011

Tutorial Mengirim dan Menerima SMS dengan Wavecom Fastrack dan Mikrokontroler (Send and Receive SMS with Wavecom Fastrack and Microcontroller)

Sekarang jamannya serba otomatis dan praktis, apa-apa tinggal SMS :D heheee, termasuk aplikasi SMS dengan mikrokontroler ini, yang sangat berguna sebagai pemantauan, peringatan, pengendali, atau aplikasi jarak jauh lainnya. Misalnya, pengendali pintu jarak jauh; peringatan jika ada kebakaran atau kebocoran gas di rumah; pemantauan suhu, kelembaban, sensor gas, atau sensor-sensor lainnya; atau untuk mesin penjawab telepon otomatis; dan sebagainya.

Modem yang saya gunakan untuk aplikasi SMS atau Short Message Service ini adalah modem GSM Wavecom Fastrack yang bentuknya seperti ini:
 
Kelebihannya modem GSM ini adalah, jika ingin mengirimkan data tidak lagi bentuk PDU yang rumit, cukup dengan perintah pengiriman data serial biasa pada mikrokontroler, selanjutnya akan dijelaskan berikut ini.
Sebelum di coba di mikrokonrtroler, kita tes dulu modemnya di Hyperterminal dengan pengaturan sbb:
Baud rate 115200 adalah settingan default untuk komunikasi serial modem GSM wavecom fastrack ini.
Trus ketikkan AT untuk mengecek respon modem, jika pengaturan sudah benar maka modem akan merespon OK. Kemudian ketikkan ATE1, yang berfungsi agar data yang kita ketikkan di echo sama modem, alias dikirimkan kembali sehingga dapat tampil di Hyperterminal, modem akan merespon OK.
Untuk menghilangkan echo ketikkan ATE0, maka jika kemudian diketikkan perintah-perintah lainnya pada Hyperterminal, maka tulisannya tidak akan terlihat, yang akan terlihat hanya respon balasan dari modem. Jika dihubungkan dengan mikrokontroler, maka echo harus di non aktifkan.
Kalau ingin mengirim SMS ketik AT+CMGS=<nomor tujuan>, setelah enter ketikkan isi SMS yang mau dikirim, dan untuk mengirimkannya ketik CTRL+Z, hasilnya seperti ini:
Kalau ada SMS masuk ada keterangan seperti ini:
yang berarti ada SMS masuk ditempatkan di index 1.
Untuk membaca SMS yang masuk, ketikkan AT+CMGR=<index SMS>, seperti ini:
yang berarti membaca SMS pada index 1 (SMS yang tadi masuk), kemudian respon dari modem:
nomor pengirimnya +6285729119604, pada tanggal 11/01/21, jam 17:51:54, isi SMSnya: cek sms.

Fungsi-fungsi lainnya pada modem GSM ini antara lain:
- AT+CMGL="REC UNREAD"
   untuk melihat SMS yang belum dibaca
- AT+CMGL="ALL"
   untuk menampilkan semua SMS yang tersimpan
- AT+CMGD=1
   untuk menghapus SMS pada index 1

dan yang lainnya masih banyak lagi fungsi-fungsi pada modem wavecom fastrack yang dapat didownload disini

Sekarang kita coba di mikrokontroler, rangkaiannya seperti ini:
Seperti rangkaian mikrokontroler dan komunikasi serial biasa, hanya saja RX TX  ke DB9 nya dibalik.
Konektor DB9 yang digunakan pada rangkaian diatas adalah DB9 Male (biasanya pake female), karena kabel pada modem menggunakan DB9 Female.

Lalu saya membuat program yang jika dikirimkan SMS ke modem dengan format "Halo ayuchan" atau "halo ayuchan" , maka akan dapat balasan SMS "Halo juga :D", jika format SMS selain itu maka dikirimkan SMS "Format SMS salah.". Dan nomor HP juga didaftarkan di program Bascom AVR, sehingga selain jika SMS yang masuk bukan dari nomor HP yang tersimpan, maka akan dikirimkan SMS "Nomor HP Anda tidak terdaftar".

Source code lengkapnya dapat di download disini.

Tempat Jual Komponen dan Elektronik.

-ayuchan-