Minggu, 26 Februari 2012

Tutorial Dot Matrix Display dengan CodeVision AVR

Sebelumnya saya sudah pernah membuat posting Tutorial Dot Matrix dengan Bascom AVR, jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang dot matrix itu sendiri bisa dipelajari di posting sebelumnya tersebut.

Pada posting kali ini saya hanya akan menampilkan karakter dalam bentuk angka 0-9 dalam satu buah dot matrix 5x7.

Rangkaian skematiknya sebagai berikut:



Listing Program dengan CodeVision AVR sbb:
/*****************************************************
Program Display DOTMATRIX dengan CodeVision AVR
Programmer      : Wahyu Rahmaniar
Company         : Technologination
*****************************************************/

#include <mega32.h>
#include <delay.h>
#include <string.h>

unsigned int i,j,x,y,z;
unsigned int angka;
char urut;
char kolom[7];

//Baris = PORTB
//KOLOM = PORTC

void nyala_led()//fungsi untuk menyalakan baris

     if (angka==0)
      {
      if (urut==0){urut=~(0x3E);}
      if (urut==1){urut=~(0x51);}
      if (urut==2){urut=~(0x49);}
      if (urut==3){urut=~(0x45);}
      if (urut==4){urut=~(0x3E);}
      if (urut==5){urut=~(0x00);}
      if (urut==6){urut=~(0x00);}
      if (urut==7){urut=~(0x00);}    
      }
     
     else if (angka==1)
      {
      if (urut==0){urut=~(0x00);}
      if (urut==1){urut=~(0x21);}
      if (urut==2){urut=~(0x7F);}
      if (urut==3){urut=~(0x01);}
      if (urut==4){urut=~(0x00);}
      if (urut==5){urut=~(0x00);}
      if (urut==6){urut=~(0x00);}
      if (urut==7){urut=~(0x00);}
      }

      else if (angka==2)
      {
      if (urut==0){urut=~(0x27);}
      if (urut==1){urut=~(0x49);}
      if (urut==2){urut=~(0x49);}
      if (urut==3){urut=~(0x49);}
      if (urut==4){urut=~(0x31);}
      if (urut==5){urut=~(0x00);}
      if (urut==6){urut=~(0x00);}
      if (urut==7){urut=~(0x00);}
      }
    
      else if (angka==3)
      {
      if (urut==0){urut=~(0x22);}
      if (urut==1){urut=~(0x41);}
      if (urut==2){urut=~(0x49);}
      if (urut==3){urut=~(0x49);}
      if (urut==4){urut=~(0x36);}
      if (urut==5){urut=~(0x00);}
      if (urut==6){urut=~(0x00);}
      if (urut==7){urut=~(0x00);}
      }
 
      else if (angka==4)
      {
      if (urut==0){urut=~(0x0C);}
      if (urut==1){urut=~(0x14);}
      if (urut==2){urut=~(0x24);}
      if (urut==3){urut=~(0x7F);}
      if (urut==4){urut=~(0x04);}
      if (urut==5){urut=~(0x00);}
      if (urut==6){urut=~(0x00);}
      if (urut==7){urut=~(0x00);}
      }
  
      else if (angka==5)
      {
      if (urut==0){urut=~(0x72);}
      if (urut==1){urut=~(0x51);}
      if (urut==2){urut=~(0x51);}
      if (urut==3){urut=~(0x51);}
      if (urut==4){urut=~(0x4E);}
      if (urut==5){urut=~(0x00);}
      if (urut==6){urut=~(0x00);}
      if (urut==7){urut=~(0x00);}
      }
 
      else if (angka==6)
      {
      if (urut==0){urut=~(0x1E);}
      if (urut==1){urut=~(0x29);}
      if (urut==2){urut=~(0x49);}
      if (urut==3){urut=~(0x49);}
      if (urut==4){urut=~(0x46);}
      if (urut==5){urut=~(0x00);}
      if (urut==6){urut=~(0x00);}
      if (urut==7){urut=~(0x00);}
      }
     
      else if (angka==7)
      {
      if (urut==0){urut=~(0x41);}
      if (urut==1){urut=~(0x42);}
      if (urut==2){urut=~(0x44);}
      if (urut==3){urut=~(0x48);}
      if (urut==4){urut=~(0x70);}
      if (urut==5){urut=~(0x00);}
      if (urut==6){urut=~(0x00);}
      if (urut==7){urut=~(0x00);}
      }
 
      else if (angka==8)
      {
      if (urut==0){urut=~(0x36);}
      if (urut==1){urut=~(0x49);}
      if (urut==2){urut=~(0x49);}
      if (urut==3){urut=~(0x49);}
      if (urut==4){urut=~(0x36);}
      if (urut==5){urut=~(0x00);}
      if (urut==6){urut=~(0x00);}
      if (urut==7){urut=~(0x00);}
      }
      
      else if (angka==9)
      {
      if (urut==0){urut=~(0x30);}
      if (urut==1){urut=~(0x49);}
      if (urut==2){urut=~(0x49);}
      if (urut==3){urut=~(0x4A);}
      if (urut==4){urut=~(0x3C);}
      if (urut==5){urut=~(0x00);}
      if (urut==6){urut=~(0x00);}
      if (urut==7){urut=~(0x00);}
      }
 
}

void main(void)
{
PORTA=0x00;
DDRA=0x00;

PORTB=0x00;
DDRB=0xFF;

PORTC=0x00;
DDRC=0xFF;

PORTD=0x00;
DDRD=0x00;

y=0;
PORTC=~(0xFE);

while (1)
                     
{
angka=9;
kolom[0]=~(0xFE);  
kolom[1]=~(0xFD);
kolom[2]=~(0xFB);
kolom[3]=~(0xF7);
kolom[4]=~(0xEF);
kolom[5]=~(0xDF);
kolom[6]=~(0xBF);
kolom[7]=~(0x7F);

for (z=0;z<10;++z)
{
  //for (x=0;x<10;++x) //untuk menggeser (non aktif)
  //{    
    for (i=0;i<100;++i)
    {
    y=x;
        for (j=0;j<8;++j)
        {
        //angka=0;
         PORTC=kolom[j];
         urut=y;
         nyala_led();
         PORTB=urut;
         delay_ms(1);
         y=y+1;
        //PORTC=kolom[j+1];      
            if (y==8)
            {
            y=0;
            }       
        }
    PORTC=~(0xFE);
    }
   //}
//PORTB=0xFF;
angka=angka-1;
delay_ms(1000);
  };
 }
}


Program diatas berfungsi untuk menghitung mundur dari angka 9 sampai dengan 0 pada dot matrix display 5x7. Pada simulasi bagian kolom aktif low dan bagian baris aktif high, sedangkan pada dot matrix asli yang biasa dibeli kebalikannya, yaitu bagian kolom aktif high dan baris aktif low, maka tinggal menghapus tanda ~ atau not pada program.

Simulasi dan code lengkapnya bisa di download disini.

Tempat Jual Komponen dan Elektronik.

-ayuchan-